Cyber Komunikasi pun telah meluas ke Sektor Transportasi


Putaran era globalisasi selalu bergerak dinamis menampilkan wajah wajah baru dalam bidang komunikasi. Dewasa ini kemunculan komunikasi dalam dunia maya tak hanya untuk kepentingan bisbis,pendidikian, dan politik. Namun juga dalam bidang transportasi juga tak luput dri perkembangan dunia maya. Kontribusi dunia maya dalam perkembangan transportasi yang ideal adalah seperti munculnya sarana transportasi darat berupa bus yang memiliki fasilitas yang sangat canggih untuk mendukung kenyamanan penggunanya. Bus yang demikian dinamakan Cyberbus.
Cyberbus adalah bus yang mempunyai fasilitas multimedia mobile (internet) berkecepatan tinggi dan fasilitas kenyamanan layaknya rumah.Cyber bus adalah bus umum berjenis Recretional Vehicle. Recretional vehicle merupakan sebuah kendaraan bermotor beroda yang digunakan untuk berkemah ataukegiatan rekreasi lainnya. Pencipta kendaraan ini adalah Perusahaan Oto bus (PO) Nusantara yang bekerja sama dengan PT. Indosat dengan nilai investasi sebesar Rp 4 Miliar.Pertama kali diperkenalkan pada tanggal 20 Mei2008.
Sejarah
Pada tahun 2003 muncul ide dari penciptanya, Handoyo Budijanto untuk membuat bus dengan fasilitas canggih dan nyaman. Handoyo Budijanto adalah pemilik perusahaan oto bus Nusantara yang berpusat di Kudus. Alasan timbulnya ide ini adalah kurangnya perkembangan bus di indonesia dan tertinggal dari negara lain. Perkembangan bus di Indonesia hanya berkembang pada jenis bus antarkota, antar provinsi dan pariwisata. Bus dengan jenis Recretional Vehicle belum terdapat di indonesia.
Pada tahun 2005 Handoyo Budijanto melakukan pencarian untuk mesin terbaik. Pencarian berakhir pada perusahaan Volvo, sebauahindustri kendaraan bermotor di Swedia. Tahun 2005 akhir bus masuk ke koraseri pembuatan badan bus di Adiputro Malang. Tahun 2008 bus selesai.
Saat pertama bus difungsikan sebagai bus pribadi Handoyo Budijanto untuk kebutuhan rekreasi keluarga dan memudahkan koordinasiserta memantau operasional 300 unit armada bus. Tetapi pada bulan Februari bus difungsikan sebagai bus umum yang dapat di sewa. Diperkenalkan secara umum sejak 20 Mei 2008 melalui ajang road show ke sejumlah lokasi wisata. Pada bulan November 2008 Cyber bus mengikuti Indonesia Consumunity Expo (ICE) 2008 di Plaza Utara Gelora Bung Karno. Dari Indonesia Consumunity Expo (ICE) 2008, nama cyber bus menjadi terkenal dan menciptakan fenomena baru di bidang transportasi di Indonesia.
Dimensi dan mesin bus
Bus ini memiliki ukuran panjang dan tinggi 12 x 3 meter dengan cat berwarna coklat keemasan dan lekukan strip warna putih. Tampilankaca depan bus memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih tinggi. Posisi body sangat rendah dan dekat dengan tanah. Suspensi yang digunakan adalah suspensi udara yang pasti nyaman. sistem suspensi udara atau air suspension terdiri dari kompresor, tabung udara, selang-selang dan suspensinya berbentuk balon karet atau tabung silinder.
Mesin yang digunakan adalah mesin Volvo tipe B12M 12.000 cc dengan desain horisontal. Mesin dipasang pada bagain tengah bus. Pemasangan mesin di tengah bus difungsikan untukmendapatkan tingkat keamanan yang tinggi dengan distribusi bobot yang merata,bagasi yang lebih luas, tingkat kebisingan yang rendah dan untuk mencapai tingkat emisi yang rendah. Tipe mesin tersedia untuk varian340, 380, dan 420 Horse Power atau tenaga kuda dengan standar emisi Euro 3. Euro 3 merupakan standar emisi yang dapat mengurangi polusi hidrokarbon dan karbon monoksida.
Model Bus yang digunakan adalah model Setra Selendang Royal Coach SE buatan Koraseri Bus Adiputro. Desain bus menggunakanperangkat elektronik tingkat tinggi yang membuat interval perawatan lebih lama dan bebas dari biaya pelumasan di beberapa tuas antar sambungan bagian. Ada 2 pilihan kapasitas tangki bahan bakar dari 300 hingga 700 liter.

Fasilitas Kantor dan multimedia mobile
Bus dilengkapi dengan ruang meeting dan akses multimedia mobile berkecepatan tinggi. Teknologi yang digunakan menggunakanteknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) yang memberikan layanan data dan internet dengan kecepatan hingga 3,6 Mpbs. Terdapat fasilitas komunikasi lainnya yang terdiri dari telepon dan faksimile, video conference VPN ( Virtual Private Network ), internet melalui Indosat Broadband 3,5G dan GPRS(General Packet Radio Service), tambahan fasilitas dilengkapi pula dengan akses email dan data menggunakan exchange server maupun POP3(Post Office Protocol version 3).
 Internet dengan kecepatan hingga 3,6 Mpbs
 Telepon
 Faksimile
 Video conference
Fasilitas rumah yang dimiliki
 2 TV: LCD 32″ , 2 TV: LCD 20″, dan Kamera CCTV
 Home theatre, karaoke, DVD, VCD dan Playstation 2
 Kursi Pijat Elektrik, Sofa Panjang, meja dan Sofa Putar
 1 Set Meja Kursi Makan
 Dapur Kering dengan Alat Pemanggang, Kulkas, Alat Pembuat Kopi
 Tempat Tidur Susun dan Kamar Mandi
Kelemahan
 Keterbatasan teknologi multimedia
Produk teknologi multimedia yang dimiliki oleh cyber bus tidak sempurna. Pada lokasi tertentu kekuatan akses yang dimiliki tidaklah sebesar yang dikatakan, terutama di daerah perbukitan atau gunung serta daerah terpencil.
 Terbatasnya daerah tujuan
Hanya dapat melayani perjalanan yang ada di Pulau Jawa saja.
 Harga sewa
Harga sewa yang mahal mencapai Rp. 6 juta per 18 jam.

Dunia maya dalam transportasi bukan hanya mempengaruhi dan merubah bentuk fisik alat transportasi, namun juga menginspirasi berbagai kalangan untuk membuat sebuah komunitas atau forum dalam situs jejaring social seperti pecinta bus, pecinta kereta api, dan lain sebagainya.

2 Comments

Filed under TUGAS KULIAH

2 responses to “Cyber Komunikasi pun telah meluas ke Sektor Transportasi

  1. ws apik siii…. tapi nek oleh aku ngasi saran , mbok nek ngasi contoh-contoh masalah yang ada disekitar kita sik…, yang ringan-ringan gituu…,

    thx

Leave a comment